Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disebut dengan RPP adalah suatu hal yang wajib dimiliki oleh para guru dalam melakukan proses belajar mengajar. Dari jenjang SD hingga SMA semua menggunakan RPP. Tidak ketinggalan juga RPP kelas 4 sekolah dasar.

Langkah-Langkah Penyusunan RPP

 

Update-Lengkap-RPP-Kelas-4-Terbaru

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman dicariguru.com Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Dalam proses penyusunan RPP kelas 4 ini, tidak bisa sembarangan disusun. Terdapat langkah-langkah yang harus diperhatikan agar tercipta sebuah RPP yang sistematis dan tepat sasaran. Untuk lebih memudahkan para guru, berikut adalah langkah-langkah dalam menyusun RPP tersebut.

  1. Menulis Identitas Mata Pelajaran

Identitas mata pelajaran yang dimaksud adalah identitas tentang sekolah, mata pelajaran yang akan dibuat RPP, kelas atau semester yang sedang ditempuh, alokasi waktu, tema, dan materi. Identitas ini akan menunjukkan jenis RPP yang akan diberikan kepada siswa.

  1. Menulis Kompetensi Inti

Yang dimaksud dengan kompetensi inti yaitu sebuah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi. Hal ini harus dimiliki oleh semua peserta didik pada setiap kelas atau setiap program untuk mengembangan kompetensi dasar. Komponen dalam kompetensi inti adalah.

  • Pengetahuan
  • Sikap spiritual
  • Sikap sosial
  • Keterampilan
  1. Menulis Kompetensi Dasar

Yang dimaksud dengan kompetensi dasar adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh para siswa. Kemampuan ini merujuk pada mata pelajaran tertentu yang digunakan sebagai rujukan dalam menyusun indikator kompetensi.

  1. Menulis Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator kompetensi ini merupakan perilaku yang bisa diobservasi atau diukur untuk menunjukkan apakah kompetensi dasar sudah tercapai atau belum. Pencapaian pada kompetensi dasar ini akan menjadi acuan dalam penilaian mata pelajaran.

  1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah sebuah gambaran dari proses hingga hasil pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Tujuan pembelajaran ini harus disesuaikan dengan kompetensi dasar. Penyusunannya menggunakan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator.

  1. Materi Ajar

Dalam materi ajar ini terdapat beberapa hal yang harus dimuat, seperti fakta, prosedur, konsep, prinsip. Seluruh faktor tersebut harus ditulis dalam sebuah peta konsep yang telah disesuaikan dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

  1. Alokasi Waktu

Setiap RPP harus mencantumkan alokasi waktu yang ditentukan. Tujuannya agar kompetensi dasar dan beban belajar dapat tercapai sesuai dengan target.

  1. Menentukan Metode Pembelajaran

Metode ini akan digunakan oleh para guru agar terwujud suasana belajar yang kooperatif. Selain itu juga untuk mencapai indikator sesuai kompetensi yang telah ditetapkan.

  1. Penilaian Hasil Belajar

Instrumen dan prosedur penilaian hasil belajar harus sesuai dengan indikator kompetensi yang ada. Selain itu penilaian juga harus mengacu pada standar penilaian yang menjadi dasar untuk memberikan nilai.

  1. Menentukan Media Ajar

Pelaksanaan pembelajaran saat ini lebih banyak pada metode daring sesuai dengan ketentuan pemerintah. Untuk itu media yang digunakan antara lain, handphone, laptop, internet, modu, buku tulis, dan lainnya.

  1. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran ini terdiri dari kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

RPP kelas 4 menjadi salah satu bagian perangkat mengajar yang berfungsi sebagai pedoman untuk guru kelas. Bagi yang sedang mencari RPP ini silahkan browsing di https://dicariguru.com/. Tersedia juga halaman download RPP agar lebih memudahkan para guru sekalian.

 

Lihat Juga: RPP 1 Lembar Kelas 10 SMA/SMK Semester 2