Perilaku konsumen adalah: definisi, manfaat, faktor

Pengertian perilaku konsumen secara umum

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui seseorang atau organisasi untuk menemukan, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau layanan setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan.
Atau definisi perilaku konsumen yang lain, yaitu proses dan aktivitas di mana seseorang atau organisasi dikaitkan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan evaluasi produk atau jasa untuk memenuhi keinginan dan juga pemenuhan kebutuhannya. Perilaku konsumen adalah banyak faktor yang mendasari konsumen untuk dapat mengambil keputusan pembelian produk atau jasa. Perilaku konsumen juga ditunjukkan dalam beberapa tahap, antara lain tahap pra pembelian dan juga tahap pasca pembelian barang atau jasa. Konsumen juga biasanya mencari informasi tentang produk dan layanan ini pada fase pra-pembelian.

Perilaku-konsumen-adalah-definisi-manfaat-faktor
Pahami perilaku konsumen menurut para ahli

1. Schiffman dan Kanuk

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan memperdagangkan produk dan jasa serta ide yang diharapkan dapat memenuhi suatu kebutuhan.
2. Engel, Blackwell dan Miniard

Perilaku konsumen adalah produk atau layanan promosi, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti promosi yang secara langsung berkaitan dengan pembelian, konsumsi, dan pembuangan produk atau layanan, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti promosi. . itu.

3. Memotong
Perilaku konsumen adalah aktivitas yang dilakukan seseorang dalam menerima, mengonsumsi, atau membuang barang atau jasa.
4. Asosiasi Pemasaran Amerika

Perilaku konsumen adalah interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan juga lingkungan di mana orang-orang bertukar aspek kehidupan mereka.

Perilaku konsumen terdiri dari beberapa tahap:

Fase akuisisi: cari atau beli

Fase konsumsi: gunakan atau evaluasi

5. Loudon dan Della Bitta (1993)

Konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan juga aktivitas fisik individu yang melibatkan semua individu dalam evaluasi, pengadaan, penggunaan atau bahkan pengabaian barang dan jasa.
6. Albert dan Griffin (1995)

Perilaku konsumen dijelaskan sebagai usaha konsumen untuk mengambil keputusan tentang suatu produk yang akan dibeli dan juga dikonsumsi.
7. James F dkk. (1994)

Perilaku konsumen adalah tindakan yang terlibat langsung dalam pengadaan, konsumsi dan konsumsi produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut.
8. Loudon dan Della Bitta (1993)

Ketika sistem pengambilan keputusan dan aktivitas fisik disarankan oleh orang-orang, individu dilibatkan dalam mengevaluasi, mencari, menggunakan, atau bahkan mengabaikan beberapa barang dan jasa.
Manfaat perilaku konsumen

Dalam pasar dengan persaingan yang semakin ketat, permintaan konsumen yang lebih tinggi dan keinginan untuk diperlakukan dengan cara yang ditargetkan, pemahaman konsumen sangat tinggi. Untuk itu perlu diketahui perilaku konsumen agar dapat memuaskan konsumen dan juga untuk memenangkan persaingan.

Memahami perilaku konsumen sangat berguna dalam perumusan strategi dan bauran pemasaran. Dengan memahami psikografi konsumen dan perilaku penggunaan, pemasar juga dapat melakukan segmentasi berdasarkan variabel-variabel tersebut. Berdasarkan sikap konsumen, pemasar dapat merumuskan strategi periklanan, khususnya periklanan yang tepat.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1. Motivasi

Motivasi merupakan dorongan atau keinginan yang tumbuh pada diri seseorang untuk dapat mencapai tujuan tertentu.
2. Persepsi

Persepsi merupakan hasil penjelasan seseorang atas suatu stimulus atau peristiwa berdasarkan informasi dan juga pengalamannya terhadap stimulus tersebut.
3. Pembentukan sikap

Pembentukan sikap merupakan suatu nilai dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang terhadap sesuatu.
Lihat juga: Letter to the Editor is
Jenis perilaku konsumen
1. Konsumen berdasarkan harga

Jenis konsumen ini adalah yang paling umum, biasanya diberi label dengan sifat yang hanya tertarik pada harga yang lebih rendah.
2. Konsumen yang suka menjadi trendsetter

Tren perubahan hidup. Baik dalam hal teknologi, fashion atau apapun, itu akan berbeda-beda tergantung situasinya

 

Baca Juga :