Definisi nirmana
Baca cepat Buka

Nirmana adalah studi tentang berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan antara persepsi, bentuk, warna, ruang dan materi nyata dalam dua atau tiga dimensi. Kegiatan utama dari ilmu ini adalah mengembangkan keterampilan pemrosesan dan komunikasi bahasa visual dengan menggunakan bahan dan teknik tertentu.

Pengertian-nirmana-gambar-jenis-unsur-prinsip-metode-fungsi

Ada kesalahpahaman dalam masyarakat kita bahwa siswa dapat secara otomatis menggunakan bakat alami mereka dalam seni dan desain. Perspektif itu telah ditinggalkan selama setengah abad.

Di negara maju, mahasiswa yang tertarik dengan perkembangan dunia seni harus terlebih dahulu memperoleh pengetahuan dasar agar dapat mencapai hasil yang optimal. Pengetahuan dasar ini meliputi penguasaan bentuk dasar dan keterampilan menggambar.
Jenis-jenis nirmana

Di bawah ini adalah beberapa jenis nirmana.

1. Nirmanado Wimatla

Nirmanado – Wimatla

Dwimatra (2D) adalah datar/datar panjang dan lebar, bukan kedalaman atau tebal. Di lapangan, kesan spasial, volumetrik, optik, imajiner, dan dimensi fantastis tercipta, tidak dalam, tetapi terlihat. Perspektif dua dimensi adalah dari satu arah, dari wajah atau dari depan.
2. Nirmana Trimatra

Nirmana Trimatra

Pengertian tiga dimensi (3D) adalah bahwa segala sesuatu di sekitar kita adalah tiga dimensi, tidak hanya panjang dan lebar, tetapi juga dalam ruang, massa, volume, ekspresi, warna, dan bentuk. Tampilan tiga dimensi berlangsung dari arah yang berbeda, yaitu dari tiga arah utama.

Elemen Dasar Nirmana

Poin adalah elemen seni yang paling dasar. Poin dapat menghasilkan ide atau garis, bentuk atau bentuk ide yang menghasilkan bidang. Teknik melukis yang menggunakan kombinasi berbagai ukuran dan warna titik disebut pinning.
Garis adalah sekumpulan titik (warna) terhubung yang berbeda dari latar belakang yang diwakilinya. Bentuklah garis dari kumpulan unit terkecil. Ini biasanya titik pada lingkaran. Karena garis adalah titik perpanjangan, itu ditandai dengan panjang daripada lebar. Garis adalah dimensi awal yang akan dibuat dari titik yang dipindahkan.
Warna menciptakan kesan bahwa cahaya mengenai mata, sehingga tanpa cahaya tidak akan ada warna. Setiap warna diciptakan oleh reaksi cahaya putih di permukaan, yang mencerminkan bagian dari spektrum. Pembentukan warna-warna ini disebabkan oleh getaran cahaya putih. Sistem paling sederhana untuk menemukan hubungan warna adalah dengan menyusun warna dalam bentuk roda warna.
Tekstur adalah nilai nyata dari permukaan nyata dan buatan manusia, yang dapat halus, kasar atau licin. Tekstur dapat dibagi menjadi dua bagian berdasarkan hubungan visualnya. Artinya, tekstur sebenarnya dan tekstur semu.
Sebuah bidang memiliki bentuk datar tanpa ketebalan, dimensi tampilan, lebar, dan lebar, serta dikelilingi oleh posisi, orientasi, dan garis. Bentuk bidang bisa geometris, organik, bersudut, tidak beraturan, bulat.
Bentuk adalah titik, garis, atau bentuk yang, ketika ditampilkan, menciptakan bentuk. Sekecil apapun, ekspresi wajah, ukuran, warna, dan tekstur adalah kuncinya.

Baca lebih lanjut: Distribusi adalah

Prinsip dasar Nirmana

Kesatuan: Salah satu prinsip dasar tata letak. Jika gambar tidak seragam, pekerjaan terlihat tersebar dan tidak teratur, dan pekerjaan menjadi tidak nyaman. Prinsip ini sebenarnya adalah prinsip hubungan. Keseragaman dicapai ketika satu atau lebih elemen visual dihubungkan bersama (warna, ekspresi, arah, dll.).
Keseimbangan: Karya seni dan desain harus seimbang agar terlihat bagus dan tidak menimbulkan rasa takut. Tidak nyaman dan gelisah, seperti melihat pohon atau bangunan runtuh. Kesetimbangan adalah keadaan di mana objek mengalami ketika semua pekerjaan membatalkan satu sama lain. Dalam seni keseimbangan ini tidak dapat diukur, tetapi dapat dirasakan. Dengan kata lain, tidak semua bagian pekerjaan harus saling bahu-membahu.
Proporsi: Proporsi berisi prinsip dasar tata letak untuk mengarahkan pekerjaan Anda. Oleh karena itu, diperlukan perbandingan yang tepat. Pada dasarnya, rasio adalah perbandingan matematis di lapangan. Rata-rata emas adalah rasio karya seni dan arsitektur yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Rasio ini menggunakan angka Fibonacci dengan rasio 1: 1.618, seringkali 8:13. Namun perbandingan ini merupakan perbandingan yang terdapat pada benda-benda alam seperti struktur ukuran tubuh manusia, dan merupakan hubungan yang diwahyukan Tuhan sendiri. Di bidang desain, hubungan ini dapat ditentukan dengan membandingkan ukuran kertas dan tata letak halaman.
Rhy

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/