Pada kesempatan kali ini kita akan membahas efektifitasnya, penjelasan lengkapnya diberikan sebagai berikut:

pengertian-efektivitas

Definisi efektivitas

Secara umum konsep efektivitas merupakan suatu kondisi yang menunjukkan derajat keberhasilan atau pencapaian suatu tujuan, diukur dari segi kualitas, kuantitas maupun waktu, tergantung dari apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Ada pula penjelasan bahwa yang penting dari efektivitas ini adalah tingkat keberhasilan yang dicapai oleh seseorang atau organisasi dengan cara tertentu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dengan kata lain, semakin banyak rencana yang berhasil dilaksanakan, semakin efektif suatu kegiatan atau kegiatan dipertimbangkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektivitas tersebut adalah efektivitas, aktivitas, serta adanya kesesuaian dalam suatu aktivitas atau aktivitas antara seseorang yang melaksanakan suatu tugas dengan tujuan yang ingin dicapai.

Rumus efektivitas

Efektivitas = (keluaran aktual / keluaran target) ≥ 1

  • Jika hasil perbandingan kinerja aktual dengan target kinerja <1 maka efektivitas tidak akan tercapai.
  • Jika perbandingan antara kinerja aktual dengan kinerja target ≥ 1 maka efektivitas tercapai.

Pengertian efektivitas menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu keefektifan, kita bisa merujuk pada pendapat ahli berikut ini:

1.Menurut Ravianto (2014: 11)

Definisi efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan dilakukan dan sejauh mana kinerja orang tersebut seperti yang diharapkan. Artinya jika suatu pesanan dapat / dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana, baik dari segi waktu, biaya maupun kualitas dapat dikatakan efektif.

2. Menurut Gibson (Bungkaes 2013: 46)

Pengertian efektivitas adalah penilaian yang dilakukan dalam kaitannya dengan kinerja individu, kelompok, dan organisasi. Semakin dekat kinerja mereka dengan kinerja yang diharapkan (standar), semakin efektif mereka.

3. Menurut Prasetyo Budi Saksono

Yang dimaksud dengan efektivitas adalah sejauh mana derajat keterkaitan antara keluaran yang dicapai dengan keluaran yang diharapkan terdiri dari banyaknya masukan dalam suatu perusahaan atau seseorang.

4. Menurut Sondang P. Siagian

Yang dimaksud dengan efektivitas adalah penggunaan prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, untuk menghasilkan sekumpulan barang atau jasa, kegiatan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan.

5. Menurut Schemerhon John R. Jr.

Pentingnya efektivitas ini adalah pencapaian target output yang diukur dengan membandingkan output anggaran atau OA (seharusnya) dengan output aktual atau sistem operasi (sebenarnya). Jika OA> OS ini dianggap efektif.

Kriteria efektivitas

Suatu kegiatan atau kegiatan dapat dikatakan efektif jika memenuhi kriteria tertentu. Efektivitas ini berkaitan erat dengan pelaksanaan semua tugas pokok, topikalitas, pencapaian tujuan dan upaya atau partisipasi aktif dari orang yang melaksanakan tugas tersebut.

Secara umum beberapa tolok ukur atau kriteria efektivitas adalah sebagai berikut:

  • Efektivitas keseluruhan adalah sejauh mana seseorang atau organisasi melaksanakan semua tugas utamanya.
    Produktivitas, ini adalah kuantitas produk atau jasa utama yang dihasilkan oleh seseorang, kelompok atau organisasi.
  • Efisiensi, yaitu ukuran keberhasilan suatu kegiatan atau kegiatan yang dinilai terhadap jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  • Profit, yaitu manfaat untuk investasi yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan / kegiatan.
  • Pertumbuhan, yaitu perbandingan antara status organisasi saat ini dengan status sebelumnya (pekerjaan, fasilitas, harga, penjualan, keuntungan, modal, pangsa pasar, dan lain-lain).
  • Stabilitas, ini adalah pemeliharaan struktur, fungsi, dan sumber daya setiap saat, terutama di masa-masa sulit.
  • Moralitas, yaitu kecenderungan seseorang untuk lebih berupaya mencapai tujuan organisasi seperti perasaan terikat, tujuan bersama, dan juga rasa memiliki.
  • Kepuasan kerja, ini adalah kompensasi timbal balik atau positif yang dirasakan seseorang atas perannya dalam organisasi.
  • Penerimaan tujuan organisasi, yaitu penerimaan tujuan organisasi oleh setiap individu dan setiap unit dalam suatu perusahaan / organisasi.
  • Integritas, yaitu adanya komunikasi dan kolaborasi yang baik antar anggota organisasi dalam mengkoordinasikan usaha kerjanya.
  • Fleksibilitas adaptasi, yaitu kemampuan individu atau organisasi untuk beradaptasi terhadap perubahan.
  • Penilaian pihak eksternal, ini adalah penilaian terhadap orang atau organisasi pihak lain dalam lingkungan yang terkait dengan orang atau organisasi tersebut.

Aspek efektivitas

Ada aspek efektifitas yang harus dicapai dalam suatu kegiatan / kegiatan. Sehubungan dengan definisi efektivitas di atas, beberapa aspek tersebut adalah sebagai berikut:

1. Aspek Peraturan / Kondisi

Aturan diberlakukan untuk menjaga kelangsungan suatu kegiatan atau kegiatan sesuai rencana. Ketentuan atau ketentuan ini harus dilaksanakan agar suatu kegiatan atau kegiatan dianggap telah dilaksanakan secara efektif.

2. Aspek fungsi / tugas

Orang atau organisasi tersebut dapat dikatakan efektif jika dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, setiap orang dalam organisasi perlu mengetahui peran dan fungsinya agar dapat dijalankan.

3. Aspek rencana / program

Suatu kegiatan atau kegiatan dapat dikatakan efektif apabila mempunyai rencana yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tanpa rencana atau program, tujuan ini tidak dapat tercapai.

4. Aspek tujuan / kondisi ideal

Dengan kondisi atau tujuan yang ideal diartikan tujuan yang ingin dicapai dari suatu kegiatan atau kegiatan yang berorientasi pada hasil dan proses yang direncanakan.

Contoh efektivitas

Ada banyak bentuk dan contoh efektivitas di berbagai area kerja atau organisasi. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut

  • Seorang customer service representative (CS) diharapkan mampu melayani 10 pelanggan per hari. Nyatanya, karyawan tersebut bisa melayani 12 pelanggan per hari, sehingga karyawan tersebut dinilai pandai dalam efektivitas.
  • Sekian dan terima kasih telah membaca pengertian efektivitas, kriteria, aspek, rumus dan contoh. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :