Administrasi pendidikan: definisi, prinsip, ruang lingkup

Pahami manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan adalah suatu proses atau upaya untuk mencapai tujuan pendidikan dengan memperhatikan komponen-komponen pendidikan yang berbeda sehingga sistem pendidikan dapat berkembang dengan menggunakan alat-alat yang berbeda untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Administrasi-pendidikan-definisi-prinsip-ruang-lingkup

Banyak upaya untuk mencapai tujuan manajemen pendidikan. Misalnya, untuk memastikan orang mendapatkan pendidikan wajib 9 tahun, pergi ke sekolah menengah dan bahkan perguruan tinggi jika memungkinkan.

Beberapa artikel mengatakan bahwa pendidikan terjadi tidak hanya di bidang akademik tetapi juga di bidang pendidikan lainnya. Misalnya pembinaan karakter bersama keluarga, pendidikan keahlian, sarana pendidikan dan sebagainya.

Singkatnya, manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses dan kegiatan bersama yang harus dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat dalam tugas pendidikan.

Pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli

Menurut Syarif (1976: 7)

Penyelenggaraan pendidikan merupakan upaya kolaboratif untuk menggunakan sumber daya (manusia dan materi) secara efektif dan efisien untuk mendukung pencapaian pendidikan.

Menurut Syamsi (1985: 10)

Administrasi adalah segala kegiatan dalam upaya kolaboratif yang dilakukan oleh suatu kelompok atau beberapa orang secara bersama-sama dan pada waktu yang bersamaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. ”

Menurut Soepardi (1988: 7)

Administrasi adalah seluruh proses kegiatan kolaboratif yang dilakukan oleh sekelompok atau beberapa orang secara bersama-sama dan bersamaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Sutisna (1979: 2-3)

Administrasi pendidikan adalah keseluruhan (proses) yang menyediakan sumber daya manusia dan material yang sesuai dan menjadikannya efektif untuk pencapaian tujuan bersama. Ia menjalankan fungsinya dengan mempengaruhi tindakan orang. Proses ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pemantauan, pengelolaan dan pengawasan semua hal yang berkaitan dengan urusan sekolah yang berkaitan langsung dengan pendidikan sekolah, seperti kurikulum, guru, siswa, metode, perangkat pembelajaran dan bimbingan. Ini juga mencakup pertanyaan tentang tanah dan gedung sekolah, peralatan, perlengkapan, dan dana yang dibutuhkan untuk menyediakan pendidikan.

Menurut Hadari Nawawi

Manajemen pendidikan adalah sekumpulan kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara terencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam setting tertentu, terutama dalam bentuk lembaga pendidikan formal.

Menurut Ensiklopedia Penelitian Pendidikan Chester W. Haris

Pengertian penyelenggaraan pendidikan sebagai proses mengintegrasikan segala upaya untuk menggunakan sumber daya manusia dan material agar secara efektif meningkatkan pembangunan kualitas manusia.

Menurut Engkoswara (1987: 42)

Manajemen pendidikan dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari penataan sumber daya yaitu sumber daya manusia, kurikulum, atau sumber daya dan fasilitas belajar, guna mencapai tujuan pendidikan yang optimal dan menciptakan suasana yang baik bagi masyarakat yang berperan serta dalam pencapaian tujuan pendidikan. tujuan pendidikan yang disepakati. Penyelenggaraan pendidikan pada dasarnya hanyalah salah satu sarana untuk mencapai tujuan pendidikan secara produktif, yaitu secara efektif dan efisien.

Setelah Purwanto dan Djojopranoto (1981: 14)

Penyelenggaraan pendidikan merupakan upaya kolaboratif yang menggunakan seluruh sumber daya manusia, dana, bahan dan peralatan, serta metodologi untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

ÔÇťAdministrasi pendidikan dengan demikian merupakan keseluruhan proses kegiatan bersama di bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pemantauan, dan pembiayaan dengan memanfaatkan atau menggunakan sarana manusia, material dan spiritual yang tersedia untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. dan efisien. ”

Setelah Djam’an Satori (1980: 4)

Administrasi pendidikan dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses kolaborasi dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan material yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditentukan secara efektif dan efisien.

After Made Pidarta (1988: 4)

Dalam pandangan pendidikan, manajemen dalam pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan memadukan sumber daya pendidikan sehingga diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Menurut kantor perencanaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1993: 4)

Manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian tenaga kependidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, pembentukan kehidupan bangsa, pembinaan segenap manusia, yaitu orang-orang yang beriman.

 

BACA JUGA :